Senin, 25 Januari 2021
Resume - Optimalisasi Media Sosial
WEBINAR NASIONAL
OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL
Pembicara :
Sri Kuswayati, S.Si., M.kom
Adi saputra, SH., M.Pd
Oleh :
Ihsan Burhanudin
( 10120532 )
Dosen :
Darsiti S.Kom., M.Kom.
O Feriyanto, SE.,MSi.
Agung.M.Taufiq, SE
STIE STEMBI BANDUNG
BUSINESS SCHOOL
BANDUNG - 2021
Seminar optimalisasi media sosial teknologi komunikasi diadakan di aplikasi zoom pada hari senin, 25 januari 2021 pukul 13.00. Materi dibawakan oleh pembicara - pembicara tamu yang menjelaskan pengoptimalan media sosial. Seminar ini diadakan gratis dan di ikuti oleh Sebagian mahasiswa yang mengambil mata kuliah teknologi komunikasi.
Acara dimulai oleh ibu sri kuswayati, S.Si.,M.Kom. menyampaikan materi mengenai optimalisasi blog, mari kita bedah dalam rangkuman materi acara ini mulai dari
" OPTIMALISASI BLOG "
Media sosial adalah media online dimana pengguna bisa melakukan interaksi, menciptakan isi dan berbagi. Kita bisa ambil contoh media sosial seperti :
- Blog
- Youtube
- Instagram dan yang lainnya.
Slide selanjutnya membahas mengenai blog vs web.
Weblog atau Blog adalah jurnal online yang berisi informasi berupa opini, pengalaman atau aktivitas pemilik blog. Website berisi sejumlah laman online yang dapat dikelola oleh individu, perusahaan, instansi pemerintah atau komunitas.
Pengoptimalisasian blog bisa dilakukan dengan upaya yang dilakukan oleh pemilik agar blog yang dimilikinya tidak saja memberi manfaat bagi pribadi namun juga dirasakan oleh pembaca blog.
Conten is king atau konten adalah raja yang menjadi bagian yang sangat penting saat kita akan melakukan optimalisasi blog.
Bagaimana cara menciptakan konten yang baik ?
- Karya orsinil
karya orsinil disini dimaksud dengan hasil karya diri kita sendiri, tidak menjiplak ataupun hasil orang lain.
- Tema banyak dicari pembaca
Membuat tema yang sedang trend atau tema yang sedang dicari oleh orang lain.
- Update konten berkala
Jadwalkan untuk meng update konten secara berkala seperti halnya kita dalam satu hari harus meng update konten 3 samapi 4 kali perhari.
Tips mudah menghasilkan konten berkualitas dan unik
- Buat bank ide
- Pilih satu ide yang paling dikuasai
- Baca sedikitnya 5 konten sejenis
- Buat kerangka konten
- Tulis konten tanpa jeda dengan batasan waktu yang ditentukan
- Baca ulang
- Upload
Komunitas blogger mahasiswa STIE STEMBI
Agar konsisten dan tercipta traffic atau kunjungan ke blog yang kita miliki maka buatlah komunitas blogger dikalangan mahasiswa. Pemilik blog saling melakukan kunjungan atau blog walking selain itu lakukan ahare link blog di berbagai media sosial. Konten blog dapat diperuntukan untuk membantu sosialisasi dan promosi serta reportase kegiatan kampus.
Materi terakhir disampaikan oleh bapak adi saputra, SH., M.Pd. memaparkan materi innovation optimasi sosial media marketing. Acara yang berlangsung selama 3 jam lebih ini membahas tentang berbagai macam point seperti memahami data pengguna internet, youtube, whatsapp, facebook, dan instagram di indonesia.
Mari kita bedah dalam rangkuman materi acara ini mulai dari data
- BPS mencatat data jumlah penduduk di indonesia hingga september 2021 sebanyak 270.2 juta jiwa.
- APJII jumlah pengguna internet di indonesia hingga kuartal II/2020 mencapai 196.7 juta atau 73.7% dari populasi.
menurut hootsuite ( situs layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media daring yang terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial. )
Jumlah pengguna sosial media di indonesia sebagai berikut :
Dikutip dari " We are social " Q 2020, data digital di indonesia memiliki populasi 272,1 juta pengguna dengan terkoneksi di ponsel sebanyak 338,2 juta. Pengguna internet di indonesia berjumlah 175,4 juta dengan aktif sebagai pengguna sosial media adalah 160 juta dan rata-rata penggunaannya sebanyak 7 jam 59 menit.
Most-used social media platforms
- Pengguna youtube di indonesia sebanyak 88% dari jumlah populasi.
- Pengguna whatsapp di indonesia sebanyak 84% dari jumlah populasi.
- Pengguna Facebook di indonesia sebangak 82% dari jumlah populasi.
- Pengguna instagram di indonesia sebanyak 79% dari jumlah populasi.
What Is Internet marketing?
Digital marketing adalah media untuk melakukan pemasaran. Di era digital ini banyak channel yang menawarkan keunggulan untuk melakukan marketing yang efektif.
Langkah strategis
Membuat strategi sangat penting dilakukan diawal, agar bisa mengetahui rencana apa yang akan dibuatnya. Menentukan tujuan yang ingin dicapai, dalam dunia digital marketing harus memiliki keunggulan apa yang ingin kita unggulkan. Setelah itu cari tahu dan kenali target khalayak yang dimaksud adalah target pasar atau sasaran pelanggan yang ingin dituju.
Riset produk dan riset pasar
- untuk penentuan keyword
- Untuk pemilihan nama akun, toko, web, dll
- Untuk melihat sejauhmana kekuatan dan pesaing
- Untuk mengetahui trends lokasi pencari produk/keyword
- Menentukan grup, dll
Riset menggunakan google trends
- Buka google.co.id -> ketik dimesin pencari google trends
- Kemudian pilih : Google trends paling atas
Langkah :
- Masukan kata kunci (misal ; mukena)
- Pilih bahasa indonesia
- Pilih 12 bulan terakhir
Urgensi :
- Mengetahui dari daerah/lokasi/kota mana sajakah yang mencari produk kita
- Memudahkan untuk mengarahkan pemasangan iklan dan cari teman, dll
Strategi marketing tertarget
- Menyiapkan konten promosi seperti :
- Membuat flyer/brosur
- Membuat katalog produk
- Membuat video promosi
- Membuat konten testimoni
lalu bisa di upload pada berbagai media promosi ( facebook, instagram, whatsapp bisnis, youtube, web, market place dll
Iklan berbayar atau ADS dalam satu pekan usahakan admin melakukan iklan berbayar/ads pada media yang dianggap paling epektif seperti halnya facebook, instagram, goodle ads dan market place. Jadwal iklan ads yang baik antara senin/rabu/kamis.
Kita ambil contoh di whatsapp bisnis :
- Membuat konten BC yang membuat viral dan orang dapat menghubungi kita
- Bergabung dengan berbagai grup yang relevan, kemudian aktif komen dan sering mengapresiasi suatu postingan
- Menggunakan whatsapp sender untuk meng creat sebanyak mungkin nomor kontak whatsapp di internet
- Jadwal share BC adalah 2x dalam sabtu minggu (baiknya setiap hari senin dan kamis) pukul 08.00 - 10.00
Memahami CPM dan RPM
- CPM adalah cost per mille yang menjabarkan bagajmana rumus untuk mendapatkan keuntungan dari youtube. Dengan menggunakan mata uang dolar ($), CPM memberikan $1 per 1000 views dan akan berlaku sesuai kelipatan juga.
- RPM adalah Reveneu per Thousand Impressjons yang digunakan youtube untuk mengambil potongan sebesar 45% dari total pendapatan iklan yang didapatkan dari channel youtube yang dimiliki.
Tips menaikan SEO YOUTUBE
Klik like video > ambil link youtubenya copy
Buka google > ketik Search Console > paste link tadi > klik bukan robot > kirim permintaan
Buka link useme.org > paste link tadi > pilih top 20 > enter > klik submit.
Sekian yang dapat saya ambil dari webinar nasional " OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL " mohon maap apabila ada kata atau kalimat yang menyerupai, karena saya dalam tahap pembelajaran di stie stembi bandung business school.
Terimakasih.
Langganan:
Postingan (Atom)